Puti Guntur Soekarno

Bersatu Karena Kuat, Kuat Karena Bersatu.

NASIONALISME & PATRIOTISME

Puti berharap kiprahnya dalam politik membawa manfaat buat bangsa dan negara Indonesia. Sepak terjangnya di dunia politik sudah diketahui publik. Kental dengan nuansa nasionalisme dan patriotisme.

 

Membidani usulan memasukkan kembali pendidikan Pancasila dalam kurikulum pendidikan di Indonesia dan terus mempromosikan Pancasila dan nilai keutamaan bangsa Indonesia ke kancah internasional. Ia mendapat kehormatan sebagai peneliti tamu dari Kokushikan University di Jepang dan terus berjuang untuk mempromosikan nilai luhur masyarakat Indonesia di luar negeri.

  • Profil

    Besar dalam didikan politik keluarganya, Puti Soekarno menekuni dunia politik. Ia pun menjadi politikus Senayan. Namanya Lengkap : Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri. Ia lebih dikenal dengan panggilan Puti Guntur Soekarno.

    Wanita kelahiran Jakarta, 26 Juni 1971 ini adalah anak dari pasangan Guntur Soekarno Putra dan Henny Emilia Hendayani. Guntur Soekarno Putra adalah anak dari Presiden Pertama RI Soekarno. Puti Guntur Soekarno atau yang biasa disapa Puti ini adalah seorang ibu dua anak dari pernikahannya dengan Joy Kameron. Kedua anaknya bernama Rakyan Ratri Syandriasari Kameron dan Rakyan Daanu Syahandra Kameron. 

    Puti tumbuh dalam sebuah keluarga yang terpandang di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Meski tumbuh sebagai cucu seorang presiden, sejak kecil Puti diajarkan hidup mandiri dan sederhana. Untuk kegemarannya membaca buku, ia harus menabung dari uang jajan yang diberikan dan membeli buku. Masa kecilnya juga dipenuhi dengan kasih sayang dan ilmu dari sang nenek yang ia panggil Mbu, Fatmawati Soekarno Putri. Fatmawati selalu mengajarinya mengaji dan mengingatkannya agar tidak meninggalkan salat.

    Ketika Puti duduk di bangku SMP, ia aktif mengikuti kegiatan kesenian dan budaya temasuk mementaskan tari-tarian. Ia juga berpartisipasi mengiringi paduan suara di SMA 1 Budi Utomo Jakarta dengan memainkan piano. Kegiatan lain yang ia juga sukai adalah melukis. Puti dikenal sebagai sosok yang luwes dan ramah bergaul dengan siapapun, ia juga adalah sosok yang sangat peduli pada keluarga dan anak-anak.

    Sebelum akhirnya berkarier di dunia politik, Puti terlebih dahulu menimba ilmu tentang politik saat ia menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Indonesia jurusan Administrasi Negara. Dalam politik praktis, Puti bergabung dengan parpol PDIP, yang diketuai oleh tantenya, Megawati Soekarnoputri, yang juga merupakan presiden RI ke-5 yang menjabat di tahun 1999-2001.

     

    Pada Pemilu 2009, saat ia berumur 38 tahun , ia ikut mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI untuk daerah pemilihan  Jawa Barat X; Ciamis, Kuningan, dan Kota Banjar. Ia lolos dan duduk di Komisi X DPR yang membidangi pendidikan dan kebudayaan, serta pemuda dan olahraga, pariwisata, ekonomi kreatif serta perpustakaan. Pada Pemilu 2014, ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI.

    Puti mempunyai prinsip tersendiri saat berpolitik. Baginya, ideologi dari Bung Karno untuk memperjuangkan rakyat kecil yang disebut sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi dan Ketuhanan Yang Maha Esa adalah prinsip politik yang tepat. Ideologi Bung Karno ini, Puti dapatkan dari ayahnya Guntur Soekarno yang menjadi mentor ideologinya.

    Pada 2017, menyongsong Pilkada serantak, Puti digadang-gadang maju pada Pilgub Jawa Barat. Sejumlah spanduk dan baliho tentang dirinya beredar ke pelosok Jawa Barat.

    Namun, pada 2018, Puti ditunjuk oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri maju sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi calon Gubernur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

    Nama Puti muncul di menit-menit akhir, lantaran Azwar Anas pendamping Gus Ipul sebelumnya mengembalikan mandat sebagai Calon Wakil Gubernur Jatim ke PDIP.

    Dengan menyandang nama besar Soekarno, dirinya menuai banyak dukungan dari beberapa partai-partai politik Indonesia, di antaranya adalah Partai Gerindra dan PKB. Puti pun percaya diri menaklukan Jawa Timur. (SFR/AA/DN) (Photo: putuguntursoekarno.org)



    KELUARGA
    Orangtua    : Guntur Soekarno Putra dan Henny Emilia Hendayani
    Suami         : Joy Kameron
    Anak          : Rakyan Ratri Syandriasari Kameron dan Rakyan Daanu Syahandra Kameron


    PENDIDIKAN
    Administrasi Negara, Universitas Indonesia, 1994

    KARIER
    -  Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014
    -  Anggota Komisi x Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019
    -  Calon Wakil Gubernur Jatim periode 2018-2023

    Sumber : VIVA.CO.ID

© 2019 PUTIGUNTURSOEKARNO.ORG