• Admin

Antara Juwet dan Nukilan Cerita Masa Kecil Mbak Puti


JUWET. Nama buah yang satu ini cukup singkat. Namun buah berkulit hitam dengan warna ungu dibagian dalamnya ini kaya akan zat antioksidan. Rasanya masam bercampur manis.


Puti Guntur Soekarno membeber nukilan cerita masa kecilnya saat disuguhi juwet. Ketika itu Mbak Puti, --sapaan akrabnya--, berkegiatan di Jalan Lebak Timur Asri I-A, RT 04 / RW X, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, beberapa waktu lalu.


Di teras rumah, Puti bersama ibu-ibu seraya menikmati juwet. Tak jauh dari teras, tepatnya di halaman rumah terdapat pohon juwet yang saat itu berbuah. “Masa kecil saya suka sekali dengan juwet. Pulang sekolah, panas-panas, masuk rumah langsung buka kulkas. Ketika itu ada juwet dalam wadah yang sebelumnya ditaburi garam dan dikopyok. Dicucup airnya, segar sekali,” Puti sedikit mengulik cerita masa kecilnya.


Puti sudah menjadi bagian Surabaya, kota dimana kakeknya (Bung Karno, red) dilahirkan. Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari PDI Perjuangan, daerah pemilihan (Dapil) Jatim I (Surabaya-Sidoarjo), nomor urut 2 ini dicintai warga Kota Pahlawan, tak ketinggalan Kabupaten Sidoarjo di selatan Surabaya.


Ini terlihat ketika kunjungan ke Lebak Timur. Puti diajak keliling RT 04. “Sambil jalan saya melihat kondisi kampung. Ketika berjalan banyak warga yang menyampaikan aspirasi perbaikan kampung. Warga titip aspirasi supaya disampaikan ke Bu Risma (Wali Kota Surabaya, red) dan Pak Whisnu Sakti Buana (Wakil Wali Kota, red),” lanjut Puti.


Kehadiran Puti di kampung tersebut merupakan kali pertama. Pengalaman melewati pesta demokrasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur tak luput  disampaikannya. Dimana dia menjadi salah satu kontestan, sebagai calon wakil gubernur.


Puti menegaskan akan mendukung penuh gubernur terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Bahkan beberapa waktu lalu Puti menemui Khofifah di kediamannya. Ketika itu Khofifah menyatakan akan mengadopsi sejumlah program Puti yang diusung ketika pilgub.


“Kita telah memilih dan tentunya saya akan mendoakan beliau (gubernur terpilih, red) untuk menjadi pemimpin yang amanah dan nantinya akan membawa kemajuan dan manfaat bagi warga Jawa Timur,” lanjutnya.


Puti menuturkan bahwa pencalonannya sebagai caleg merupakan tugas dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Megawati berpesan Puti harus kembali ke Jatim. Sehingga ia ditugaskan sebagai caleg DPR RI, dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo), nomor urut 2.


“Kehadiran saya ini untuk merekatkan silahturahmi. Maka saya meminta dan memohon terimalah saya menjadi bagian dari warga Surabaya,” imbuhnya.


Menurutnya, lewat blusukania akan lebih tahu apa saja yang bisa dan harus diperjuangkan untuk tingkat DPR RI, tingkat DPRD provinsi, dan tingkat DPRD kota. “Jadi tugas saya adalah untuk mendengar aspirasi-aspirasi masyarakat yang bisa dikordinasikan oleh anggota DPRD kota yang bisa disinergikan agar bisa terealisasikan,” terusnya.


Ia juga menambahkan bahwa di DPR RI ada program-program untuk kampung wisata. Seperti dalam kampung menginginkan perbaikan balai desa, lapangan desa, dan lainnya.


Puti juga menambahkan akan meneruskan Program Indonesia Pintar (PIP). Program yang digulirkan oleh Presiden Jokowi ini sudah menyasar kurang lebih 19 juta pelajar. “Kalau ini tidak terkoordinasi dengan baik, bagaimana mungkin saya bisa membawa dan menyampaikan program (PIP, red) ke ibu-ibu. Inilah fungsinya kita bertemu.


Sumber Foto dan Video: Lentra.tv

4 views

© 2019 PUTIGUNTURSOEKARNO.ORG